Friday 12 February 2016

Kandungan dan manfaat susu kambing etawa

kandungan dan manfaat susu kambing





Kandungan dan manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan kita | Kambing etawa adalah jenis kambing unggulan dari segi postur tubuh dibandingkan dari jenis jenis kambing lainya. Selain mempunyai kelebihan dari segi postur tubuhnya, ternyata susu kambing etawa mempunyai khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.
Salah satu kandungan dari susu kambing etawa adalah protein, protein pada susu kambing etawa terbilang terbaik setelah telur dan hampir setara dengan ASI {air susu ibu}. Dan perlu diingat, meskipun kandungan protein susu kambing etawa hampir setara dengan ASI {air susu ibu} tetap tidak bisa menggantikan peran ASI {air susu ibu} untuk balita.

Kandungan dan manfaat susu kambing etawa yang harus kita ketahui


Kandungan gizi susu kambing etawa tidak kalah dengan kandungan gizi susu sapi yang sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Dan bahkan menurut penelitian dari United State Departement of Agriculture (USDA) tercatat bahwa kandungan gizi kambing etawa melebihi kandungan gizi pada susu sapi.

Setiap 100 gram manfaat susu kambing etawa mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, E, Niacin, Asam Pantotenant, Kolin, Inositol, asam amino, dan omega 3 dan 6.  {3-4% protein, 4-7% lemak, 4,5% karbohidrat, 134 g kalsium dan 111 g fosfor}.

Khasiat dan manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan


Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kandungan dan manfaat susu kambing etawa memiliki banyak kandungan gizi. Selain kandungan yang bermanfaat, ternyata susu kambing etawa juga mempunyai kelebihan dapat dicerna oleh tubuh kurang lebih sekitar 20 menit. Berbeda halnya dengan susu sapi yang membutuhkan waktu 2-3 jam untuk mencernanya. Ok langsung aja kita lanjutkan mengenai manfaat susu kambing bagi kesehatan  tubuh.


1. kandungan protein

Apa manfaat protein bagi tubuh kita??

Protein sangat berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan sangat berperan dalam sistem {imun} tubuh kita. Sistem imun adalah sistem pertahanan/perlindungan makhluk hidup terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan bakteri jahat. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa susu kambing sangat bermanfaat untuk membantu menekan bakteri jahat dalam tubuh/sebagai sumber zat antibodi pada tubuh.

2. Kandungan lemak tidak jenuh

Apakah lemak itu bermanfaat bagi tubuh kita??

Sering kali orang beranggapan sebelah mata bahwa lemak adalah zat yang bisa meningkatkan beberapa potensi penyakit yang buruk bagi tubuh. Namun disisi lain lemak mempunyai manfaat yang sangat vital bagi tubuh kita, tanpa lemak tubuh kita tidak akan bisa beraktivitas atau lumpuh. Dan ternyata tubuh kita selalu membutuhkan semua jenis lemak dalam jumlah tertentu agar organ tubuh kita bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Salah satu dari jenis lemak tak jenuh adalah asam lemak omega 3 yang terdapat pada manfaat susu kambing etawa, dan seperti yang kita ketahui bahwa asam lemak omega 3 sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asam lemak yang terdapat pada susu kambing selain bermanfaat menjaga kesehatan jantung juga dipercaya sebagai sumber energi, membantu penyerapan vitamin, membantu kesehatan kulit agar tetap cantik dan halus, dan menunjang pertumbuhan kecerdasan otak.

3. Kandungan karbohidrat

Protein, lemak, dan karbohidrat adalah tiga kandungan atau nutrisi yang tidak dapat dipisahkan, ketiganya memegang peranan penting bagi tubuh untuh bekeja sebagaimana mestinya. Salah satu manfaat utama karbohidrat yang terdapat dalam susu kambing adalah sebagai sumber tenaga. Selain sumber tenaga, karbohidrat pada susu kambing etawa juga sangat bermanfaat sebagai sumber energi otak dan mencegah defisit protein {jika tubuh kekurangan karbohidrat maka akan mengambil energi dari protein}.

4. Kandungan kalsium

Mendengar kata kalsium pasti yang ada dipikiran kita adalah menguatkan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis. Kalimat tersebut memang benar adanya, namun selain itu kalsium juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, sindrom pramenstruasi dan kanker usus besar.

5. Kandungan vitamin

Segala jenis vitamin sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem kesehatan tubuh sehingga proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh dapat berjalan dengan baik dan benar sebagaimana mestinya. Beberapa kandungan vitamin yang terdapat pada susu kambing etawa sangat bermanfaat bagi kesehatan ataupun kecantikan kulit.


Sangatlah besar kandungan dan manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan tubuh kita. Dan dari hasil penjualan, para peternak yang memprosuksi susu kambing etawa mengatakan bahwa sebagian besar pembeli susu kambing etawa adalah untuk mengobati penyakit yang sedang diderita. Karena selain mempunyai segudang manfaat, susu kambing etawa juga dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit seperti asma, tbc, dan gejala penyakit maag.

Baca juga>> fermentasi pakan kambing supaya cepat gemuk


No comments:

Post a Comment