Saturday 30 April 2016

Ciri ikan lele jantan dan betina

Didalam usaha budidaya ikan lele entah itu pemeliharaan maupun pemijahan/pembibitan ikan lele, baik alami maupun buatan pasti tidak akan terlepas antara lele jantan dan betina. Sebagai petani yang membudidayakan ikan lele untuk dibesarkan mungkin tidak begitu masalah meskipun tidak bisa membedakan antara lele jantan dan lele betina.
Akan tetapi sabagai petani yang usahanya memijahkan/pembibitan ikan lele sangat menjadi masalah jika tidak bisa membedakan ciri-ciri lele jantan dan lele betina.

Apa jadinya jika diwaktu proses pemijahan ketika kita akan menyatukan antara jantan dan betina supaya terjadi proses pembuahan, namun yang kita masukkan keduanya adalah lele betina.? Meskipun telur-telurnya telah keluar dan telah tertata dikabakan, namun dapat dipastikan telur lele tersebut tidak akan bisa menetas. Kenapa bisa begitu? Karena telur lele tersebut tidak dibuahi oleh induk lele jantan.

Selain amfibi, ikan lele juga merupakan hewan yang melakukan pembuahan/fertilisai eksternal {pembuahan yang terjadi diluar tubuh}. Dimana prosesnya ikan lele betina akan mengeluarkan sel telur, bersaan dengan itu lele jantan akan mengeluarkan sperma untuk membuahi sel telur tersebut. Sel telur lele tersebut tidak akan berkembang lebih lanjut/menetas tanpa dibuahai oleh sel sperma lele jantan.

Itulah sedikit gambaran mengenai pentingnya kita harus mengetahui ciri antara lele jantan dan lele betina. Supaya tidak ada kekeliruan disaat akan melakukan proses pemijahan. Dan berikut sedikit informasi perbedaan/ciri lele jantan dan lele betina:


Ciri ikan lele jantan dan betina untuk pemijahan


Ciri Lele jantan




1. Dilihat dari bentuk kepala: Kepala lele jantan lebih kecil, pendek dan agak gepeng dibandingkan lele betina.
2. Dilihat dari warna kulit: Warna kulit dada sedikit lebih tua bila dibandingkan dengan lele betina.
3. Dilihat dari alat kelamin: Alat kelamin lele jantan terlihat menonjol kebelakang dengan warna kemerahan.
4. Dilihat dari gerakanya: Gerakan lele jantan lebih lincah, tulang kepala pendek dan agak gepeng
5. Dilihat dari bentuk tubuh: Untuk lele jantan bentuk tubuh dan perutnya lebih kecil dibanding induk ikan lele betina.
6. Jika diraba Kulit lebih halus dibanding lele betina.

Ciri lele betina



1. Dilihat dari bentuk kepala: Kepala induk lele betina lebih besar, dan lebih cembung dibanding lele jantan.
2. Dilihat dari Warna kulit: Warna kulit dada lele betina lebih terang dibanding dengan lele jantan.
3. Dilihat dari alat kelamin: Kelamin berbentuk oval, berwarna kemerahan, lubangnya agak lebar dan terletak di belakang anus {bisa anda lihat pada gambar diatas}.
4. Dilihat dari gerakanya: Gerakan lele betina lebih lambat dibanding lele jantan
5. Dilihat dari bentuk tubuh dan perut: Untuk lele betina tubuh dan perutnya lebih besar dan gembung dibanding lele jantan.
6. Jika diraba kulitnya agak kasar jika dibandingkan lele jantan

Itulah sedikit penjelasan mengenai ciri lele jantan dan lele betina, pastikan dalam beternak lele anda harus bisa mengenali antara lele jantan dan betina, supaya jika ingin memijahkan ikan lele sendiri tidak kebingungan. Semoga sedikit informasi diatas bisa bermanfaat dikalangan pecinta ikan berkumis..

Baca juga>> cara budidaya ikan lele yang baik

No comments:

Post a Comment