Wednesday 10 February 2016

Cara penggemukan kambing

Bagaimana cara penggemukan kambing??


Cara penggemukan kambing dapat diartikan sebagai suatu kegiatan pemeliharaan kambing dengan cara-cara yang efektif untuk mendapatkan berat badan/daging yang maksimal. Dalam hal beternak kambing dengan tujuan untuk menaikkan/penggemukan badan lebih efektif jika dipelihara dalam jangka waktu 3-5 bulan saja atau bisa juga disebut jangka pendek seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tentang cara beternak kambing jawa.


Dan yang perlu diingat, dalam memaksimalkan cara/usaha dalam penggemukan kambing kita tidak boleh hanya berfokus pada pemberian pakanya saja. Memang pada dasarnya kambing bisa gemuk karena pemberian pakan yang baik dan maksimal, namun jika kambing tersebut tidak nafsu makan, apakah kambing tersebut bisa gemuk? Gemuk pasti erat kaitanya dengan banyak makan, banyak makan pasti dikarenakan nafsu makan, nafsu makan pasti dipengaruhi dengan kesehatan, dan kesehatan pasti didasari dengan kebrsihan. Jadi dapat kita simpulkan untuk menggemukkan kambing jangan hanya terpacu pada pemberian pakanya saja, namun kebersihan serta kesehtanya juga harus kita rawat atau jaga sebaik-baiknya.

  Cara penggemukan kambing supaya cepat gemuk.


1. Pemilihan bibit {postur tubuh}

cara penggemukan kambing


Salah satu cara dalam penggemukan kambing adalah pemilihan bibit dengan postur tubuh yang bagus perlu kita perhatikan dengan benar agar kambing yang kita pelihara bobotnya bisa maksimal. Semakin baik postur tubuh bibit yang kita pilih maka semakin besar pula keuntungan yang mungkin bisa kita dapatkan.

Ciri kambing sehat dengan postur tubuh yang baik:

- Dilihat dari postur tubuh, kakinya terlihat panjang, lehernya juga terlihat panjang, perutnya tidak buncit, pada bagian punggunya rata/tidak cekung, dan badanya kelihatan panjang.

- Dilihat dari gerakan, gerakanya lincah bisa diuji ketika kambing sedang duduk lalu kita dekati dan pasti kambing nati berdiri. Dan ketika berdiri itulah jIka gerakanya lambat maka kambing tersebut kurang sehat, namun jika gerakanya sigap dapat dipastikan kambing tersebut sehat.

- Dilihat dari fisiknya, mata cerah kelihatan bersih dan tidak sayu, hidung tidak ada lendir, bulunya halus dan bersih, bulunya tidak kusam dan berdiri, tidak ada luka atau penyakit pada kulit tubuhnya, pada anus tidak ada tanda-tanda mencret.

Itulah tanda kambing yang sehat dan postur tubuh yang baik, akan tetapi dalam pemilihan bibit kambing untuk dipelihara dalam jangka 3-5 bulan sangat disarankan memilih kambing yang kurus. Kurus dalam artian kambing tersebut kurang diberi pakan bukan kurus karena sakit. Untuk lebih jelasnya kenapa disarankan memilih kambing yang kurus, silahkan dibaca cara beternak kambing jawa.

2. Kebersihan

Kebersihan memang memegang peranan sangat vital dalam beternak, karena kebersihan yang kurang akan cepat menimbulkan berbagai macam penyakit. Maka dari itu dan seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwasanya kambing bisa gemuk didasari oleh beberapa faktor dan tidak hanya pemberian pakan.

Jagalah kandang kambing agar tidak lembab

Agar kandang kambing tidak lembab tentunya recana awal dalam pembuatanya harus disiapkan. Kandang kambing jenis kandang panggung sangat disarankan supaya kandang tersebut tidak lembab, karena desain lantai kandang jenis ini bisa dikasih sela-sela 2-3 cm agar kotoran serta air kencing bisa langsung terbuang kebawah. Sealain itu proses membersihkan kotoran kambing harus kita lakukan maksimal 3 kali sehari agar bebas dari bakteri yang disebabkan kotoran tersebut. Sedankan untuk menjaga kebersihan badan kambing kita bisa memandikanya seminggu/ 2 minggu sekali disaat cuaca mendukung.

3. Pemberian pakan dan minum

Kebutuhan pakan kambing dalam sehari adalah 10% dari berat badanya, dan pakan tambahan/kosentrat 1 - 2% dari berat badanya pula. Maka dari itu dalm sehari kita harus mencukupi kebutuhan pakan kambing tersebut agar kambing menjadi gemuk. Berbicara cara penggemukan kambing pasti pakan tambahan {kosentrat} yang sering dijadikan andalan banyak para peternak.

Lalu pakan tambahan/kosentrat aapakah yang baik agar kambing cepat gemuk??

Pakan tambahan/kosentrat yang baik untuk penggemukan kambing adalah pakan apabila dberikan maka kambing tersebut mau memakanya dan bukan pakan yang memiliki kualitas bagus. Memang pakan tambahan/kosentrat yang lengkap akan nutrisinya memiliki kualitas top level, namun jika kambing tersebut tidak mau memakanya/kurang nafsu memakanya sama saja bohong. Dan tentunya pakan dengan kualitas yang top level pasti harganya jauh lebih mahal dibandingkan pakan kosentrat pada umumnya. Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa pakan tambahan/kosentrat yang baik adalah pakan yang apabila diberikan maka kambing tersebut mau dan semangat memakanya. Dengan nafsu makan yang tinggi tentunya kambing tersebut akan makan lebih banyak, dan jika makanya banyak dapat dipastikan bobot badanya akan cepat bertambah.

Berikut pakan yang sering jadi andalan para peternak agar kambing yang dipelihara cepat gemuk.

1. Ketela pohon {pohong}

cara penggemukan kambing


Manfaat dan kandungan dari singkong sudah dipercaya dari dulu untuk mempercepat penggemukan ternak ruminansia, selain harganya murah dan mudah dicari ataupun ditanam sendiri singkong juga mempunyai manfaat antara lain.

- Sumber protein
Meskipun ketela kandungan lemaknya lebih rendah dibandingkan dengan kacang-kacangan, namun ketela memiliki protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan kentang. Selain itu protein pada singkong sangat bermanfaat merangsang pertumbuhan.

- Sumber karbohidart
Dalam 200 gram singkong terdapat 320 kalori dan sebagian besar terdiri dari zat sukrosa, maka dari itu singkong dapat menggantikan kalori pada kambing yang terbuang.

- Sumber vitamin B kompleks
Vitamin B kompleks berfungsi untuk membantu pertumbuhan tubuh serta serta memproduksi sel darah merah. Selain itu singkong juga mempunyai kandungan lain seperti serat, vitamin k, mineral, dan melancarkan pencernaan ternak.

2. Dedak padi

tips penggemukan kambing


Selain ketela pohon, bekatul juga sering menjadi andalan para peternak ruminansia untuk mempercepat pertumbuhan serta mempercepat penggemukan bobot badan. Kandungan bekatul antara lain

- Serat
Serat merupakan kandungan nutrisi tertinggi dalam bekatul, kandungan serat tertinggi dari bekatul inilah yang sangat baik untuk pencernaan pada ternak. Maka tak heran ternak yang sering dikasih pakan bekatul pencernaanya selalu lancar.

- Mineral dan protein
Mineral sangat dibutuhkan tubuh ternak untuk menguatkan tulang dan seta memproduksi sel darah merah serta kandungan protein dalam bekatul sangat berguna untuk merangsang pertumbuhan. Bukan hanya itu, bekatul masih memunyai banyak kandungan yang sangat bermanfaat antara lain vitami B kompleks, gizi, dan asam lemak tak jenuh.

Itulah 2 pakan tambahan atau kosentarat yang bisa kita berikan untuk cara penggemukan kambing/mendongkrak berat badan kambing agar segera/cepat bertambah. Dalam pemberianya dapat kita atur/jadwalkan sesui kelonggaran kita. Asalkan dalam pemberian pakan, entah pakan hijauan ataupun pakan tambahan harus secara teratur dan rutin.

Dan untuk pemberian minumnya dapat kita berikan sehari 1 kali/ 2 kali, dan untuk porsi minumya tergantung dari kebutuhan kambing tersebut. Umumnya jika musim kemarau kambing lebih banyak minum dan jika musim penghujan akan berkurang minumya. Selain itu pemberian obat cacing juga harus diberikan, karena penyakit cacingan meskipun tidak mematikan namun sangat merugikan para peternak.

Dan tentunya dalam hal pemberin pakan tambahan harus kita kalkulasikan dengan laba ketika menjualnya kelak. Jangan asal memberikan pakan tambahan apabila dikalkulasikan kita akan rugi. Jadi Perencanaan awal sangat dianjurkan agar perhitungan modal awal dan prospek keuntunganya pun menjadi jelas. Cukup sekian artikel cara penggemukan kambing, cukup sekian dan semoga bermanfaat..

Baca juga >>
fermentasi pakan kambing supaya cepat gemuk
cara beternak kambing jawa
 http://tipscaramenggemukanbadan.blogspot.co.id/2016/10/cara-gemukan-badan-secara-alami.html

No comments:

Post a Comment