Wednesday 11 April 2018

Yuk mengenal lintah hirudo medicinalis, si kecil kaya manfaat

Lintah merupakan salah satu hewan air yang dikelompokkan ke dalam filum Annelida dan dalam kelas Hirudinea. Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali jenis jenis lintah yang ada didunia ini, ada yang hidup diair tawar, laut, payau, hidup didarat, dan juga hidup disemak semak pepohonan. Hewan ini juga merupakan hewan hermaprodit atau berkelamin ganda, jadi dia mudah dalam berkembang biak.

Banyak yang mengira bahwa pacet itu adalah lintah, meskipun disama sama dari kelas hirudinea namun antara pacet dan lintah itu berbeda, perbedaan yang mendasar terletak pada habitat kesukaanya. Lintah berhabitat diair seperti sungai, dana, rawa dan tempat tempat air lainnya, sedangkan untuk pacet habitatnya dalah pepohonan, dia sering menempel didaun daun dan juga ranting ranting pohon.



Mengenal jenis lintah hirudo medicinalis



Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa terdapat banyak sekali jenis lintah yang ada dibumi ini, hampir terdapat kurang lebih 600 jenis lintah yang diketemukan. Dari banyaknya lintah tersebut ada beberapa saja yang mempunyai kegunaan dikedokteran baik kedokteran modern maupun kedokteran jaman dahulu, salah satunya adalah lintah hirudo medicinalis. Lintah hirudo medicinalis juga sering kali dinamakan dengan obat eropa. Ya semua itu dikarenakan sebelum dikenal diIndonesia untuk digunakan dalam bidang terapi pengobatan, jenis lintah ini sudah lebih dulu digunakan oleh orang orang eropa dalam menangani masalah kesehatan.

Bebeberapa penyakit yang diderita seseorang dan dapat diringankan atau bahkan disembuhkan antara lain, masalah gangguan saraf, masalah kulit seperti bisul, jerawat, dan masalah penyakit kulit lainnya, dan bahkan penyakit diabetes juga sering kali diterapi dengan lintah hirudo medicinalis. Perlu anda ketahui bahwa lintah jenis ini memiliki keistimewaan, karena memiliki berbagai kandungan yang ada pada minyak lintah hirudo medicinalis ataupun air liur yang dihasilkannya.

Beberapa kandungan yang ada, salah satu yang paling populer adalah hirudin, dimana hirudin memiliki fungsi sebagai pengencer/memperlancar aloran darah serta mencegah penyumbatan pada pembuluh kapiler pada jaringan darah. Hal inilah yang sangat berarti bagi penderita diabetes yang mengelami keterbatasan aliran darah pada salah satu anggota tubuhnya seperti kaki sehingga perlunya tindakan amputasi untuk mencegah agar angota kaki yang mengalami keterbatasan jaringan saraf tersebut tidak menyebar kedaerah lain.

Disinilah letak manfaat dari kandungan hirudin yang dimiliki lintah hirudo medicinalis, karena kandungan ini akan mengencerkan darah serta mencegah penyumbatan jaringan saraf dengan begitu peredaran darah pada area kaki tersebut akan kembali lancar, dan sehingga tindakan amputasi tidak jadi dilakukan. Ya semua itu bisa didapatkan dari terapi lintah, terapi yang metodenya menggunakan jenis lintah hirudo medicinalis yang ditempelkan pada anggota tubuh seperti kaki. Lintah dibiarkan hingga dia menggigit, disaat menggigit itulah dia akan mengeluarkan kandungan hirudin yang bermanfaat sebagaimana yang telah dijelaskan diatas.

Dan untuk saat ini keberadaan lintah jenis ini sudah mulai dibudidayakan diIndonesia, kerena semua sudah mengetahui akan kegunaan serta manfaatnya untuk terapi pengobatan. Cukup sekian artikel singkat ini tentang pengenalan lintah jenis hirudo medicinalis, semoga bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment