Friday 4 December 2015

Cara ternak kenari yang baik bagi pemula



Cara beternak kenari, persiapan, perawatan, proses penjodohan


Burung kenari adalah burung yang banyak dipelihara seseorang karena keunikan warna dan kemerduan suaranya. Dalam bahasa latin disebut dengan Serinus Canaria, habitat asli burung ini dipulau canary oleh karena itu diberi julukan burung kenari.
Diindonesia sendiri burung kenari pertama kalinya diimpor dari negara-negara eropa dan kemudian dibudidayakan hingga sekarang sudah menjadi ribuan.

Banyak dikalangan masyarakat yang berlomba-lomba membudidayakan burung tersebut, mulai dari sekdar hobi, tertarik karena warna dan suaranya sampai dengan diternakkan untuk mencari keuntungan. Bahkan sampai saat ini meskipun hargaya merosot kenari masih menjadi primadona para peternak burung. Mengapa bisa begitu?? Hal itu dikarenakan modal tidak terlalu banyak, jika menetas jumlah anakan yang dihasilkan banyak, harga pakan yang relatif murah {meskipun harga kenari merosot masih bisa mendapatkan keuntungan karena harga pakanya murah}.

Meskipun kenari salah satu burung yang mudah diternakkan dan bisa menghasilkan keuntungan yang bisa dibilang lumayan, namun untuk sebagian peternak merasa kesulitan dalam proses pemeliharaanya, mulai dari lama betelurnya, telur tidak pernah menetas, anakan sering mati, tidak mau berkicau, dan lain sebagainya. Itu semua adalah masalah umum dalam beternak, dan semua masalah itu bisa diatasi asalkan kita mau bersabar dan belajar dari orang yang lebih berpengalaman. Karena kunci dari beternak burung adalah bersabar dan belajar dari orang yang lebih berpengalaman.

Dasar-dasar sebelum beternak kenari

Seorang peternak sebelum terjun dalam dunia peternakan haruslah mempunyai dasar yang harus dipelajari agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Contoh penyesalan tersebut misalnya, kita mempunyai uang banyak dan memutuskan untuk bisnis/ternak kenari, akan tetapi kita belum paham masalah tentang kenari {harga pasaran, ciri usia kenari, dan lain sebagainya} akhirnya dengan terburu-buru kita membeli kenari, setelah sampai dirumah kita pelihara dengan senang hati dan berharap kenari tersebut segera bertelur.

Setelah beberapa bulan kenari tersebut tidak juga bertelur, sampai pada akhirnya ada temen yang sudah berpengalaman datang dan bilang bahwa kenari tersebut sudah tua. akhirnya mau tidak mau kenari tersebut dijual dengan harga yang lebih murah. Itulah contoh yang saya alami sendiri jika kita tidak mengetahui dasar-dasar dalam beternak burung.

Lalu apa dasar-dasar cara ternak kenari yang baik bagi pemula agar kita tidak menyesal/gagal dikemudian hari??


1. Persiapan

Persiapan sebelum beternak kenari sangat menentukan keberhasilan seorang peternak, tidak hanya beternak kenari, beternak apapun langkah utama yang harus dipelajari adalah persiapan, apalagi bagi seorang pemula. Berikut ini adalah dasar dari sebuh persiapan:

- menetukan tujuan beternak

Ada 2 tujuan yang harus anda pilih ketika akan beternak

 a. Jika anda adalah seorang yang hobi dalam suara burung, maka pilihlah untuk menjadi pemaster burung dengan mengikuti kontes kontes kejuaran burung untuk mencari keuntungan. Sedangkan cara memaster kenari untuk pemula pun juga harus kita pamahi terlebih dahulu agar mendapatkan suara masteran seperti yang kita harapkan.

 b. Dan jika anda tidak hobi dalam masalah kicauan burung, maka pilihlah untuk menernakkan kenari untuk mencari keuntungan. Meskipun secara umum terlihat tidak ada bedanya namun kedua tujuan tersebut jika tidak kita pilih dari awal nantinya akan memberikan dampak yang negatif. Karena kedua tujuan tersebut mempunyai ilmu yang berbeda dalam penangananya untuk menui hasil yang diharapkan. Pilihlah salah satu tujuan anda, dan fokuslah dalam tujuan tersebut.!


- Mengenal kenari

Pada point kedua ini hal yang harus anda siapkan adalah pemahaman tentang burung kenari. Sebelum membeli kenari setikdaknya kita harus mengetahui tentang jenis-jenis kenari dan ciri mengetahui usia kenari. Jika kedua hal tersebut kita pahami besar kemungkinan kita tidak akan tertipu walaupun kita seorang pemula dan belinya dipasaran. Selain itu disarankan utuk membeli kenari pada peternak langsung, karena ada kelebihan-kelibahan membeli langsung dari peternak daripda di pasaran.

Lantas apa kelebhan membeli kenari dari peternak langsung?

Ada beberapa kelebihan jika kita membeli kenari dari peternak langsung, contohnya kita bisa melihat langsung postur tubuh dari induk kenari yang mau kita beli, dan kita bisa menanyakan langsung kepada peternak tentang anak keberapa kenari yang mau kita beli dan lain sebagainya.

- Mengetahui harga pasar

Tujuan dari mengetahui harga pasar adalah, agar kita bisa membeli kenari sesuai dengan  harga yang semestinya {tidak kemahalan}. Dengan berpatokan pada harga pasar tentunya kita bisa menawar misalkan dikasih harga dengan harga yang mahal.

- Tentukan  beternak mulai anakan atau siap kawin

Suatu kesuksesan berawal dari hal-hal kecil yang kadang kita tidak menyadarinya, seperti halnya ketika kita menentukan pilihan memulai beternak dari anakan atau siap kawin. Walaupun terlihat sama saja kedua hal tersebut perlu diperhatikan khususnya bagi pemula.

Klebihan dari membeli kenari anakan adalah harganya yang relatif murah, namun disini kita dituntut untuk bersabar sampai masa penjodohan, karena kenari siap kawin sekitar 7 bulan. Sedangkan keuntungan dari membeli kenari siap kawin adalah, kenari bisa segera dijodohkan, dan kekuranganya adalah harganya yang relatif mahal.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing point tersebut, tentunya kita bisa mengetahui seberapa besar kemampuan kita untuk menentukan pilihan tersebut,

2. perawatan

Dasar-dasar dalam beternak kenari yang kedua adalah perawatan, perawatan merupakan sala satu faktor dari sekian banyak faktor yang menentukan keberhasilan seorang peternak. Jadi buat seorang yang mau berbisnis untuk ternak kenari ada beberpa faktor yang harus anda kuasai.

- pemberian pakan

Didalam pemberian pakan burung kenari harus kita takar sesuai porsinya tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Kelebihan dalam pemberian pakan akan mengakibatkan burung kenari menjadi gemuk, akibat jika burung kenari gemuk adalah tidak mau berkicau {jika jantan}, tidak mau kawin {kalaupun mau kadang telurnya tidak menetas}. Dan jika kita kurang dalam pembrian pakan, maka burung tersebut akan stres.

Selain itu waktu pemberian pakan juga harus dibiasakan, jika terbisa pagi maka kedepanya usahakan memberikan pakan setiap pagi. Selain bijian pakan tambahan berupa amisan {tulang sotong, eggfood ataupun telur puyuh}, sayuran {sawi,timun} dan buah {apel,peer} juga harus diberikan untuk mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin si burung. Namun pakan tambahan tersebut juga harus diperhatikan dalam pemberianya

cara beternak kenari

cara beternak kenari

 
misalkan: ketika burung mabung ataupun ketika mau kawin kita harus memberinya amisan seperti telur puyuh, supaya mabungnya tersebut cepat tuntus, karena semasa mabung brung memerlukan banyak protein untuk pertumbuhan bulunya, dan ketika mau kawin kenari juga banyak membutuhkan protein untuk merangsang birahinya.

- Memandikan dan penjemuran

memandikan serta menjemur burung kenari bertujuan untuk menghilangkan kutu dan membasmi bakteri-bakteri yang ada dikandang. Selain itu burung yang rutin dimandikan dan dijemur akan semakin sehat dibandingkan dengan burung yang jarang dimandikan.
Proses memandikan dan menjemur burung kenari sebaiknya dilakukan tidak lebih dari jam 10. Karena setelah jam 10 terik matahari sudah mulai panas.

3. Penjodohan



cara beternak kenari

Jika kita memilih bisnis kenari untuk diternakkan maka proses penjodohan harus kita pelajari agar kenari yang kita pelihara cepat dalam bertelur dan tentunya semua telur menetas.
Lantas bagaimana proses penjodohan yang baik itu?

Hal pertama yang harus kita pamahi dalam proses penjodohan burung kenari adalah umur kenari. Walaupun kenari yang kita punya adalah kenari yang mempunyai kualitas unggulan, akan tetapi jika kenari tersebut belum masuk diusia produksi penjodohan dengan sistem apapun tidak akan berhasil. Kenari betina yang sudah siap kawin stelah memasuki umur 7 bulan, sdeangkan yang jantan memasuki umur 9 bulan/10 bulan {khusus kenari lokal}.

Setelah memasuki umur tersebut sandingkan terus antara kenari jantan dan betina sambil dmandikan dan dijemur, dan jangan lupa untuk memberikan telur puyuh agar birahi kedua kenari tersebut muncul. Siapkan sarang disangkar kenari betina, dan jika kenari betina sudah menunjukkan tanda-tanda seperti membawa-bawa sarang dan merapikan sarangnya, segera masukkanlah kenari jantang kedalam sangkar kenari betina agar kedua kenari tersebut kawin.

Amati kedua kenari tersebut, jika sudah terjadi perkawinan 2-3 kali segera ambil kenari jantan tersebut dan pisahkan. Besoknya lagi ulangi proses perkawinan tersebut hingga kenari bertelur 2-3 butir, setelah kenari bertelur jauhkan kenari jantan dan kenari betina agar proses pengeraman tidak terganggu. Proses pengeraman berlangsung sekitar 2 minggu, dan setelah telur-telur menetas segeralah memberikan telur puyuh stiap hari. Pemberian telur puyuh setiap hari setelah telur-telur menetas bertujuan agar digunakan si induk meloloh anak-anak kenari tersebut.

Cara beternak burung kenari sebenarnya sangatlah mudah karena kenari merupakan golongan dari burung pemakan biji yang cara pemeiharaanya cukup mudah jika dibandingkan dengan burung paruh panjang. Burung kenari, kambing, dan lintah merupakan hewan hewan yang mudah dipelihara, jika anda ingin beternak kenari banyak manfaat yang bisa didapat seperti cepat dalam berkembangnya, harga pakan cukup murah, dan suaranya juga merdu. Begitu pun dengan beternak kambing etawa, kegunaan susunya banyak dicari-cari orang, begitupun dengan beternak lintah, karena kegunaan minyak lintahnya sangat banyak, selain itu mudah dipelihara.

Itulah dasar-dasar beternak kenari yang harus kita pelajari {khususnya untuk pemula} agar membuahkan hasil seperti yang kita harapkan.

No comments:

Post a Comment