Tuesday 19 April 2016

Kandungan dan manfaat ikan lele untuk kesehatan tubuh

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang sering dimasak untuk keperluan lauk dikalangan masyarakat. Ikan yang satu ini banyak digemari disemua kalangan, selain karna harganya murah ikan lele juga mempunyai kandungan gizi serta manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Banyak yang menyukai ikan lele jika dimasak dengan cara dibakar daripada digoreng, dari segi rasa memang jauh lebih enak yang dibakar. Namun dari segi kandungan gizi/manfaat lebih baik yang mana menurut anda "digoreng atau dibakar"??



kandungan gizi ikan lele



Banyak yang berpendapat bahwa ikan lele dimasak dengan cara dibakar akan menimbulkan zat yang bisa meningkatkan resiko kanker {karsinogen} jika kita membakarnya sampai gosong, ada pula yang berpendapat bahwa ikan lele dimasak dengan cara digoreng akan lebih beresiko terkena kolestrol jahat. Lantas bagaimana cara pengolahan ikan lele yang baik dan benar??

Apapun cara kita memasak asalkan dengan cara yang sehat/benar dan makanya tidak berlebihan pasti akan bermanfaat terhadap tubuh kita.

Misalnya saat menggoreng ikan lele jangan menggunakan minyak bekas, tidak hanya ikan lele makanan apapun jika digoreng menggunakan minyak bekas akan lebih beresiko terkena kangker. Usahakan setelah menggoreng minyak jangan sampai ikut terbawa pada makanan tersebut, dan jangan menggoreng sampai gosong karean kandungan gizinya bisa hilang.

Untuk proses memasak ikan lele dengan cara dibakar pun demikian, jangan menggunakan minyak bekas, jangan membakar terlalu lama/sampai gosong, lebih baik merebus ikan terlebih dahulu jika anda takut kurang matang. Dan yang jelas entah cara apa yang kita lakukan asalkan dengan cara yang baik dan dengan bahan yang sehat Insya Alloh akan bermanfaat bagi tubuh kita.

Kandungan gizi ikan lele


Apa saja kandungan gizi ikan lele? Berbicara mengenai kandungan gizi pada ikan lele pasti erat kaitanya dengan manfaat yang dihasilkan. Menurut penelitian setiap 200 gram ikan lele mengandung:

- Energi sebesar kurang lebih 430 - 460 kilokalori
- Protein sebesar kurang lebih  30 - 40 gram
- Karbohidrat sebesar kurang lebih 10 - 20 gram
- Serat sebesar kurang lebih 1 - 1,7 gram dan
- lemak sebesar kurang lebih 25 - 30 gram


Selain itu masih banyak kandungan gizi yang terdapat pada ikan lele, diantaranya: Mineral, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan zinc. Kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin D serta mengandung asam omega 3 dan 6.

Manfaat ikan lele bagi kesehatan tubuh kita


1. Menjaga kesehatan jantung dan otak

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ikan lele mengandung omega 3, dan seperti yang kita ketahui bahwa omega 3 dapat membantu mencegah penggumpalan darah. Selain itu omega 3 juga bagus untuk perkembangan sel-sel otak, dan mengurangi resiko penyakit jantung serta anti-inflamasi. Mngkonsumsi omega 3 sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

2. Menjaga/menyeimbangkan metabolisme tubuh

Salah satu kandungan terbanyak pada ikan lele adalah protein, seperti yang kita ketahui bahwa protein memegang peranan penting menjaga metabolisme didalam tubuh kita. Metabolisme merupakan proses penguraian zat nutrisi secara kimiawi yang terdapat dalam makanan dan dibutuhkan tubuh agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Menyehatkan kulit dan mata

Organ dan struktur jaringan tubuh kita membutuhkan asupan vitamin untuk menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Kandungan yang terdapat pada ikan lele salah satunya adalah vitamin A, B komplek, C dan D. Maka tidak diragukan lagi bahwa setiap kandunga  vitamin yang terdapat pada ikan lele tersbut mampu menjalankan tugas sebagimana mestinya. Salah satunya vitamin A yang sangat baik untuk kesehtan mata, dan vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan kulit, vitamin B memproduksi energi, kesehatan rambut sedangkan vitamin C menjaga kekebalan tubuh kita dari serangan suatu penyakit.

4. Menguatkan tulang dan gigi

Berbicara masalal tulang dan gigi pasti yang terpikirkan oleh kita adalah kalsium dan fosfor. Ya memang benar, kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat pada ikan lele sangat bermanfaat untuk membantu menguatkan tulang dan gigi. Dalam usia pertumbuhan, kalsium dan fosfor sangat diperlukan untuk pembentukan/pertumbuhan tulang dan gigi.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Seperti halnya ikan gabus, meskipun tidak sehebat ikan gabus dalam hal manfaat menyembuhkan luka. Namun kandungan protein dan omega 3 pada ikan lele juga dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka paska oprasi maupun luka jahitan.

Porsi konsumsi yang baik

Banyak kandungan dan manfaat yang terdapat pada ikan lele, namun kita juga harus memperhatikan bahwa ikan lele juga mengandung mercuri serta bakteri yang berbahaya. Seperti yang kita ketahui bahwa ikan lele mampu hidup dalam air yang keruh, kotor, limbah pembuangan sampah, dibawah kandang ayam, diselokan-selokan. Maka tak heran jika ikan lele bisa terjangkiti bakteri, bakteri yang sering kali ditemukan pada ikan lele adalah E.coli, Shigella dan Salmonella.

Maka dari itu untuk mengambil manfaat ikan lele agar bisa diserap tubuh dengan sempurna dan menekan bahaya yang ditimbulkan maka kita harus: Melakukan pemberokan terlebih dahulu sebelum memasaknya, memasak dengan cara yang sehat dan benar, dan sebaiknya membatasi konsumsi ikan lele tersebut/jangan dikonsumsi secara berlebihan, disarankan untuk mengkonsumsi ikan lele 2 kali dalam seminggu. Selain itu, variasikan asupan ikan untuk dikonsumsi dari jenis lain yang kaya kandungan gizi seperti ikan salmon dan ikan tuna.

Cukup sekian artikel kandungan dan manfaat ikan lele bagi kesehatan tubuh kita,

No comments:

Post a Comment