Saturday 23 January 2016

Manfaat tetes tebu untuk ternak sapi

Apa itu tetes tebu? Apa itu molase?



manfaat tetes tebu untuk ternak
gambar dari wikipedia.org


Tetes tebu atau sering juga disebut dengan molase adalah cairan limbah sisa dari pengkristalan gula pasir yang sudah tidak dapt dikristalkan lagi. Ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari tetes tebu itu sendiri, selain bermanfaat untuk campuran dalam pembuatan pakan sapi fermentasi tetes tebu/molase juga sering dimanfaatkan untuk industri kimia, industri bahan baku pangan, industri pembuatan pupuk, pembuatan MSG, dan pembuatan etanol.


Kandungan tetes tebu/molase

Kandungan tertinggi yang terdapat pada tetes tebu/molase adalah sukrosa yang mencapai 48-55%. Sedangkan kandungan lainya adalah mineral esensial seperti kobalt, boron,iodium, copper, mangan, seng, dan mengandung karbohidrat tinggi. Selain itu, juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin–vitamin yang larut dalam air.

Apa saja manfaat tetes tebu untuk ternak sapi?


Meski tetes tebu/molase merupakan limbah dari olahan pabrik gula, namun tetes tebu masih memiliki manfaat yang bisa dimanfaatkan untuk campuran pakan ternak. Bisa untuk campuran dalam membuat pakan sapi fermentasi, untuk campuran pembuatan pakan pelet ikan, campuran pembuatan pakan ayam dan lain sebagainya. Namun pada artikel kali ini saya akan mengambil tema tentang manfaat tetes tebu untuk ternak sapi. Apa sich manfaatnya sehingga para peternak sapi sering memakainya untuk campuran pakan/minum ternak mereka?

1. Meningkatkan nafsu makan sapi

Bau serta rasa yang khas pada tetes tebu/molase ternyata sangat membantu untuk meningkatkan nafsu makan pada sapi. Hal itu bisa dibuktikan dengan cara memberikan pakan yang sudah dicampur dengan tetes tebu dan memberikan pakan yang tidak sama sekali dicampur tetes tebu. Dan al tersebut sudah banyak dibuktikan oleh para peternak sapi, maka tak heran jika para peternak tersebut selalu menyediakan tetes tebu untuk campuran pakan ternak sapi mereka.

2. Menggemukan sapi

Semakin banyak pakan yang dimakan maka akan semakin gemuk pula sapi tersebut. Karena menurut pakar dokter peternakan, asupan nutrisi merupakan faktor yang mempengaruhi pertambahan berat badan, mengingat fungsi nutrisi yang dimakan sapi merupakan unsur pembentukan jaringan tubuh. Oleh karena itu semakin banyak nutrisi pakan yang terserap oleh sapi maka pembentukan daging pun akan semakin maksimal.


3. Sumber Energi Esensial bagi sapi

Sumber energi essensial adalah sumber energi yang harus didatangkan dari luar tubuh sapi. Maka dari itu peran tetes tebu/molase disini sebagai penambah energi. karena disaat kondisi iklim yang kurang baik atau terlalu dingin, energi yang didapat pada pakan tidak digunakan sebagai pertumbuhan daging tetapi digunakan sebagai pengganti energi tubuh yang hilang. oleh karena itu peran tetes tebu/molase disini sebagai sumber energy esensial.

4. meningkatkan aktivitas mikroba pada rumen

Lambung sapi/ruminansia terdiri atas empat bagian, rumen, retikulum, omasum dan abomasum. Setiap bagian tersebut memiliki peran dan fungsi masing-masing. Pada bagian rumen terdapat mikroba (mikro organisme: bakteri dan protozoa) yang bertugas untuk merombak zat pakan secara fermentatif sehingga menghasilkan sumber energi utama. Dengan kata lain mikro organisme {mikroba} tersebut akan terbantu dengan adanya tetes tebu/molase. sehingga proses pencernaan akan menjadi lebih lancar dan sempurna.

Catatan:

Menurut penelitian pemberian tetes tebu/molase pada pembuatan pakan sapi fermentasi/pakan ternak ruminansia sebanyak max 5 % dari sub total bahan pakan tersebut. Yang terdiri dari berbagai campuran misalnya, onggok, ampas tahu, bekatul, dan jerami dapat mempercepat peningkatkan bobot ternak. Akan tetapi penggunaan lebih dari 5 % bisa memperlambat peningkatan bobot badan, hal itu dikarenakan energi pakan yang dihasilkan terlalu tinggi.

Demikian sedikit artikel sederhana tentang manfaat tetes tebu/molase untuk ternak sapi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memajukan peternak-peternak indonesia.

artikel terkait: manfaat minyak lintah hitam/hirudo medicinalis

No comments:

Post a Comment