Thursday 7 January 2016

Cara merawat anakan kenari dengan benar



Apakah anakan kenari yang baru menetas bisa kita rawat tanpa ada induknya??


Jawaban dari pertanyaan diaatas adalah "bisa". Dalam bisnis atau usaha ternak entah itu ternak sapi, ternak kelinci, ternak kambing ataupun ternak burung kenari, pastinya kita harus bisa mengetahui semua hal yang berkaitan mengenai perawatanya. Terlebih lagi perawatan hewan ternak seperti anakan kenari yang baru menetas.
Mudah-mudah saja bagi setiap orang merawat burung kenari yang sudah dewasa atau yang sudah bisa makan sendiri. Akan tetapi beda ceritanya merawat anakan kenari yang baru saja menetas, karena memerlukan perawatan yang insentif, baik waktu, perawatan, ataupun pakanya.

Jadi dapat kita simpulkan peran kita disini adalah pengganti induk anakan kenari tersebut, entah karena induk kenari tersebut mati ataupun karna faktor lain seperti si peternak ingin induk tersebut segera bertelur kembali. Karena ada beberapa peternak yang sering mengambil induk kenari tersebut setelah anakanya menetas, lalu anak-anak kenari tersebut dirawat sendiri ditempat lain agar sang induk bisa segera bertelur kembali.

Dalam tata cara merawat anakan kenari yang benar kita harus berpatokan pada kebiasaan indukanya.  Kebiasaan sang induk kenari memberikan kehangatan untuk anak kenari, kebiasaan sang induk memberikan pakan jenis apa yang diberikan, dan kebiasaan sang induk tentang waktu memberikan pakan tersebut. Jika kita bisa berpatokan pada ketiga kebiasaan indukan kenari tersebut maka cara merawat anakan kenari dapat dikatakan mudah.

Bagaimanakah cara merawat anakan kenari yang baru saja menetas

cara merawat anakan kenari

Cara merawat anakan kenari yang baru saja ditinggal induknya karna mati atau karna faktor lain sperti yang telah saya jelaskan diatas, agar perawatan kita berhasil dan anak-anak kenari tersebut bisa tetap hidup sehat tentunya ada faktor-faktor kebiasaan indukanya yang harus kita tiru. Faktor tersebut antara lain:

1. Kehangatan tempat untuk anakan kenari

cara merawat anakan kenari


Kehangatan tempat adalah salah satu cara yang harus kita perhatikan dalam merawat anakan kenari tersebut. Maksut dari kehangatan tempat disini adalah bagaimana cara kita memeberikan tempat yang hangat untuk anakan kenari tersebut layaknya berada di dekapan sang induk kenari. Lalu berapakah suhu kehangatan didekapan induk kenari tersebut? Suhu didekapan induk kenari antara 36 - 37 derajat calcius. Kita bisa menggunakan kardus dan diberi lampu sebagai tempat menaruh sarang anakan kenari tersebut, bisa juga membuat tempat khusus seperti mesin penetas. Hal itu bertujuan agar suhu ruangan ditempat tersebut tetap stabil. Dan yang jelas kita harus menggunakan bantuan termometer untuk mengontrol suhu ruangan didalam kardus/tempat khusus seperti mesin penetas tersebut.

Selain suhu kehangatan hal lain yang perlu kita perhatikan adalah keamanan tempat/ruangan untuk menaruh anakan kenari, pilihlah tempat yang jauh dari hewan pemangsa seperti semut, tikus, kucing dan bahkan cicak. Pemangsa paling sering dijumpai para peternak untuk anakan kenari yang baru menetas adalah "semut".  Untuk kucing, cicak dan tikus kita bisa menyiasati dengan menggangtungkan tempat anakan kenari tersebut. Namun untuk semut kita harus lebih teliti untuk menghindarinya, karena semut bisa datang pada tempat yang mungkin kita anggap aman. jadi solusinya berikan kapur pembasmi semut atau bisa juga diolesi oli pada tempat yang sekiranya dilalui semut

2. Pakan untuk anakan kenari

Untuk cara merawat anakan kenari yang baru menetas tentunya kita harus memberikan pakan yang biasanya diberikan oleh sang induk kenari tersebut. Induk kenari biasanya memberikan pakan untuk anaknya berupa pakan yang sudah lembut. Jadi kita bisa memberikan telur, bisa telur ayam, bebek, ataupun telur puyuh. Namun sebagian besar para peternak menggunakan "telur puyuh" untuk memberi pakan pada anakan kenari tersebut. Kita bisa menggunakan kayu kecil ataupun supit kecil untuk meloloh anakan kenari, dan jangan terlalu banyak memberikan pakan, berikan pakan secukupnya. Anakan kenari measa cukup bisa dilihat dari tingkah anakan kenari tersebut, jika mereka sudah merasa cukup/kenyang makan tidak akan meminta-minta pakan lagi.

3. Waktu pemberian pakan untuk anakan kenari

Cara merawat anakan kenari yang terakhir yang harus kita ketahui adalah waktu dalam pemberian pakan.

Berapakah selang waktu pemberian pakan utuk anakan kenari?

Biasanya dalam tempo 2 jam sekali / setiap 2 jam sang induk akan meloloh pakan ke anaknya. Jadi kita juga harus meloloh anakan kenari tersebut setiap 2 jam. Misalkan kita memulai dari jam 05:00 pagi, maka setelahnya, jam 07:00, jam 09:00, jam 11:00, jam 13:00, jam 15:00, jam 17:00, jam 19:00, dan yang terakhir jam 21:00.
Dalam setiap 2 jam tersebut tentunya kita dituntut untuk selalu siap tepat waktu, karena peran kita disini adalah sebagi pengganti induk dari anakan kenari tersebut.

Sedangkan lamanya waktu anakan kenari tersebut mulai belajar makan sendiri sekitar berumur 14 hari, dan tentunya selama 14 hari tersebut kita harus bersabar untuk merawat anakan kenari.

Cukup sekian cara merawat anakan kenari dengan benar, semoga bermanfaat..

Baca juga: cara yang benar merawat kenari mabung

No comments:

Post a Comment