Saturday 2 January 2016

Cara merawat kenari mabung dengan benar

Apakah mabung itu?

 
cara merawat kenari mabung
bulu mabung


Mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya arti dari istilah mabung / ngurak / molting. Dan bagaimanakah  cara merawat kenari mabung dengan benar itu? Namun sebelum kita membahasnya perlu kita ketahui apa itu mabung. Mabung adalah proses pergantian bulu dari yang lama berganti bulu yang baru, mabung sendiri hanya dialami oleh kalangan hewan unggas seperti ayam, bebek, entok dan burung,
salah satunya adalah burung kenari yang akan saya bahas pada artikel kali ini tentang bagaimana cara perawatan kenari mabung yang benar agar proses mabungnya segera tuntas.

Karena kita tahu sendiri apabila proses/siklus mabung terjadi maka aktifitas lain burung kenari seperti kontes perlombaan {apabila kenari kita sering ikut kontes perlombaan}, Ataupun proses reproduksi {apabila kenari kita sring bertelur} tersebut akan terhenti, dengan kondisi seperti itu tentunya penghasilan kita akan berkurang.

Sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa penyebab utama burung kenari mabung tersebut merupakan siklus/proses pergantina bulu secara alamiah, namun perlu kita ketahui juga bahwa ada penyebab lain yang dapat membuat burung kenari tersebut mabung tidak pada jadwal siklusnya. Perawatan yang kurang baik serta kurang berhati-hati diyakini menjadi penyebab burung kenari mabung tidak pada jadwal siklusnya.

Contoh sederhana yang dapat membuat burung kenari mabung tdiak pada jadwal siklus alaminya, ketika kita mengambil kenari dari sangkar, karna kurang berhati-hati bulu ekor kenari tersebut tercabut maka terjadilah mabung dibagian ekor tersebut, walaupun hanya sebagian namun jika kondisi ini terjadi maka burung kenari tersebut tidak pada kondisi terbaiknya, maka mau tidak mau kita harus merawatnya terlebih dahulu. Perawatan dengan berhati-hati merupakan salah satu cara merawat kenari mabung dengan benar agar kenari tersebut tidak tercabut bulunya.

Cara merawat kenari mabung dengan benar dengan mengetahui kapan dan berapa lama  kenari itu mabung??


- Pertama kali burung kenari mabung ketika berumur sekitar 3- 4 bulanan, yaitu masa pergantian dari bulu anak ke bulu dewasa. Bulu anak tersebut akan berganti bulu dewasa yang lebih kuat dan warna yang lebih tajam dibandingkan dengan bulu anakan.

Dan biasanya pertumbuhan bulu baru ini dimulai dari bagian dada, bahu, kepala, tengkuk, punggung dan akhirnya bulu-bulu besar pada sayap dan ekor. Berapa lamakah prses pergantian bulu ini? Proses pergantian bulu berlangsung sekitar 2 bulan, sehingga pada umur 5- 6 bulanan pergantian bulu itu baru selesai secara sempurna.

- Proses mabung pada burung kenari yang kedua berlangsung setelah burung berumur kurang lebih 1 tahun. Pada proses mabung yang kedua ini sangat terlihat dari aktifitas si burung. Kenari jantan hampir tidak pernah berbunyi, jantan ataupun betina seolah-olah hilang birahinya, nafsu makan hilang dan akan lebih suka berjemur sambil mengais-ngais bulunya.
Proses mabung yang kedua ini biasanya berlangsung sekitar 1 sampai 2 bulan dan setelah itu bulu-bulu akan lengkap kembali seperti semula, namun kebiasan berkicau serta birahi kenari akan sedikit terlambat.

- Untuk proses mabung ke tiga biasanya saat kenari berumur sekitar 2 tahun atau kurang lebih 7 bulan setelah mabung yang kedua.

- Namun diluar siklus/proses mabung yang alami tersebut burung kenari juga akan mengalami mabung/pergantian bulu yang sering kita sebut dengan istilah nyulam. Dinamakan nyulam karena bulu yang rontok hanya sekitar 1-2 lembar saja, akan tetapi hal ini tidak terlalu berpengaruh pada kondisi burung, kenari jantan tetap mau berkicau dan betina pun masih tetap bisa birahi.

Itulah sedikit penjelas kapan dan berapa lama kenari mabung/molting/ngurak yang sering terjadi, Akan tetapi pulihnya bulu-bulu dan timbulnya kembali kicauan serta birahi kenari dipengaruhi beberpa faktor.

Faktor tersebut adalah perawatan selama proses mabung, jika pemberian asupan makanan selama mabung seperti protein, vitamin dan mineral, juga gizinya tercukupi maka proses mabungnya pun akan berjalan dengan baik {cepat tuntas} serta cepat kebali berkicau dan birahi.

Selain asupan makanan yang baik perawatan keseharian pun harus kita perhatikan serta kita bedakan antara kenari mabung dengan kenari yang tidak mabung, karena kenari yang mabung tersebut  mengalami rasa sakit yang mungkin kita tidak menyadarinya.
Lalu bagaimanakah cara merawat kenari mabung dengan benar pada aktifitas keseharian??

Cara merawt kenari mabung dengan benar pada aktifitas keseharian:



1. Kebersihan,

 Hal yang paling utama agar burung merasa nyaman adalah kebersihan sangkar, membersihkan sangkar ketika kenari mabung harus kita lakukan setiap hari agar bau kotoran/amoniak tersebut tidak mengganggu burung kenari saat dikrodong. Kenapa saat mabung kenari harus dikrodong? Salah satu cara merawat kenari mabung dengan benar adalah dilakukan pengrodongan, sebab jika sangkar dikrodong suhu udara didalam sangkar bisa stabil.

2. Tempat, 

Tempatkan kenari yang sedang mabung di tempat yang suasananya tenang jauh dari keramaian dan lalu lalang orang dan juga aman dari gangguan binatang seperti kucing, anjing, tikus, ataupun cicak. Dan kerodonglah sangkar agar suhu di dalam sangkar stabil sehingga burung akan lebih fokus dan tenang dalam menyelesaikan proses mabungnya.

3. Makanan/pakan, 

Seperti yang telah dijelaskan diatas selama proses perawatan kenari ketika mabung, asupan makanan harus ditingkatkan baik makanan keseharian {biji-bijian} ataupun makanan tambahan seperti sayuran, telur puyuh ataupun vitamin. Karena proses mabung sendiri memerlukan banyak asupan energi dan nutrisi untuk mempercepat proses mabungnya, semakin baik asupan nutrisi yang diberikan, maka semakin baik pula kesehatan siburung sehingga proses mabung akan segera tuntas.

4. Penjemuran, 

Meskipun mabung kenari harus kita jemur agar kesehatanya terjaga, namun penjemuran pada saat mabung jangan dilakukan terlalu lama cukup 20-30 menit-an saja, setelah djemur jangan langsug dikrodong, angin-anginkan terlebih dahulu agar suhu tubuhnya stabil sambil diberikan pakan bijian ataupun pakan tambahan.

5. Dimandikan, 

Meksipun mabung proses memandikan kenari juga harus kita lakukan, akan tetapi jangan setian hari namun minimal seminggu sekali dan gunakan air mandi yang sudah dicampur dengan shampo untuk memandikan burung yang dapat kita dapatkan ditoko-toko pakan terdekat. Pemandian ini bertujuan untuk membunuh kutu dan kuman serta bisa menyuburkan dan menghaluskan bulu burung.

Dan perlu juga kita ketahui bahwa selama burung dalam proses mabung adalah saat-saat yang baik untuk memasterkan kenari tersebut, karena kondisi mabung merupakan salah satu cara untuk memaster kenari agar mudah dalam mengingat suara yang kita masterkan.

Maka dari itu jika kita hobi dalam dunia pemasteran, jangan sia-siakan waktu tersebut untuk memaster kenari dengan burung masteran ataupun suara rekaman MP3 burung masteran.

Cukup sekian tips sederhana proses / cara merawat kenari mabung dengan benar, semoga
 bermanfaat.

Baca juga: cara menjodohkan burung kenari

No comments:

Post a Comment