Thursday 19 November 2015

Cara penggemukan sapi dengan cepat

cara penggemukan sapi dengan cepat
penggemukan sapi


Penggemukan sapi adalah salah satu bisnis dalam beternak sapi yang resikonya tidak terlalu besar dibandingkan dengan bisnis beternak unggas. Selain itu penggemukan sapi juga sangat besar untungnya, akan tetapi masyarakat kurang begitu menyadarinya.
Apalagi kebutuhan sapi di Indonesia dari tahun ketahun terus meningkat, sehingga kebutuhan dipasaranpun menjadi kurang. Oleh karna itu dan mau tidak mau indonesia harus mengimpor daging sapi dari luar negri.

Jika anda berkeinginan untuk memulai usaha tentang beternak sapi tentunya harus mengetahui dahulu bagaimana cara yang cepat dan tepat dalam menggemukan sapi itu. Akan tetapi sebelum anda memulai untuk penggemukan, ada beberapa faktor yang perlu anda ketahui.

1. Pemilihan pedet {anakan sapi}
2. Pemilihan pakan {kosentrat}
3. Mengetahui kebutuhan pakan
4. Menentukan jadwal pemberian pakan
5. Menjaga agar sapi tidak stres


Itulah 5 faktor yang harus anda kuasai sebelum memulai penggemukan sapi, karena kelima faktor diatas akan sangat menentukan keberhasilan dalam tentang cara penggemukan sapi dengan cepat.
Lalu bagaimanakah cara penggemuk'anya?? Ok langkah demi langkah akan saya jelaskan pada
pembahasan dibawah ini.



Langkah-langkah cara penggemukan sapi dengan cepat


1. Pemilihan sapi/pedet {anakan sapi}

Dalam pemilihan sapi/pedet {anakan sapi} yang baik adalah modal awal kita untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
Lalu bagaimnakah maksut dari sapi  yang baik itu? Maksut sapi yang baik itu adalah sapi yang sehat dan memiliki postur tubuh yang baik. Dalam pemilihan sapi/pedet untuk digemukan tidak harus memilih sapi dengan jenis unggul seperti limousin, simetal, brahman dan lain sebagainya. Karena semua jenis sapi itu bisa digemukkan, akan tetapi jenis-jenis sapi tersebut sangat disarankan.


Semua orang itu ada tolak ukurnya sendiri2, petani dan peternak besar, pastinya berbeda. Peternak besar tidak kesulitan untuk membeli jenis sapi unggul dengan harga pedet mencapai puluhan juta tersebut, namun bagi petani kecil seperti saya ini yang hanya mempunyai 4 ekor sapi, sapi-sapi tersebut mempunyai nilai harga yang sangat besar yang tak sanggup untuk saya beli.


Jadi menurut saya kesimpulan pemilihan sapi/pedet untuk digemukan adalah sapi/pedet yang sehat dan mempunyai postur tubuh yang baik. Jika anda belum berpengalaman dalam memlilih postur tubuh sapi yang baik, ajaklah orang yang sudah berpengalaman sebelum membeli.

2. Pemilihan pakan {konsentrat}

Pakan atau konsentrat juga merupakan faktor penentu kesuksesan dalam cara penggemukan sapi dengan cepat ini. Pakan yang baik itu adalah pakan yang memiliki kandungan gizi yang baik serta sapi mau memakanya. Karna belum tentu pakan yang dengan harga yang mahal sapi mau memakanya "kecuali sapi yang sangat lapar".

Selain itu hal yang harus diperhatikan adalah keungan kita, jangan memaksakan untuk membeli pakan yang bagus dengan harga yang mahal akan tetapi keuangan kita tidak mencukupi sampai beberapa bulan kedepan sehingga terpaksa mengganti pakan yang biasa dimakan dengan pakan yang lain. Hal ini dikarenakan bisa membuat sapi strees, karena jika sapi strees maka berat badanya akan turun secara drastis.

3. Mengetahui kebutuhan pakan

Berapakah kebutuhan pakan /hari untuk satu ekor sapi itu? Menurut pakar dan insinyur pertanian hijauan diberikan 10% dari bobot badan, konsentrat 1% dari bobot badan, dan air minum 20-30 L /ekor/hari.
Selain itu dan menurut pengalaman saya, hijauan bisa diberikan lebih dari itu. Kalau saya sendiri jika dan setiap sapi berbunyi/bersuara maka langsung saya kasih hijauan, begitu seterusnya. Dan hasilnya, sapi yang saya pelihara selalu mempunyai bobot yang gemuk dan padat.

4. Menentukan jadwal pemberian pakan

Hal ini dimaksudkan agar sapi tidak strees, Jika dalam sehari pemberian konsentrat 3 kali maka sterusnya harus 3 kali. Semisal hari ini 3 kali, besok 2 kali, besoknya 4 kali, dan besoknya lagi 3 kali. Hal-hal seperti ini jangan dibiasakan karna bisa membuat sapi strees dan berat badanya bisa turun drastis.

5. Menjaga agar sapi tidak stress

Jagalah sapi anda agar tidak stres ataupun sakit, karena faktor utama yang dapat menurunkan berat badan adalah strees ataupun sakit.
Kiat-kiat menjaga agar sapi tidak stres/sakit adalah. Memberikan pakan pada jadwal yang sudah ditentukan, membuang kotoran sapi dan memandikan sapi.

Itulah 5 cara penggemukan sapi dengan cepat yang selalu saya terapkan pada sapi saya. cukup sekian dan semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment