Thursday 30 October 2014

cara membuat pakan sapi


Cara membuat pakan sapi yang berkualitas


Dalam membuat pakan ternak sapi dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tidak terpakai di sekitar tempat tinggal kita, maka kita dapat menekan biaya dalam beternak. karena dlam beternak hampir 60% biaya terbesar ada pada pakan.
Terutama ternak ruminansia seperti sapi,kambing kerbau dll.
Pertama kita siapkan bahan bahan : ini adalah bahan-bahan yang sering dipakai dalam membuat konsentrat pakan sapi sederhana tapi berkualitas:

Bahan-bahan pembuatan pakan sapi {kosentrat}


1. tepung roti/roti apkiran/yg sudah kadaluarsa
2.katul
3.bungkil kopra
4.wijen
5.ampas kedelai
6.onggok/ketela yang sudah diambil sari patinya
7.kulit kopi
8.bunkil sawit
9.janggel jagung
10.tetes
11.ampas kecap
12.ampas gula kelapa
13.cairan fermentasi (em4,sbp dll)

Setelah kesemuanya bahan terpenuhi kita harus menentukan brapa sup total berat pakn yg akan kita buat.
sebagai contoh formula pakan sapi ini, formula dengan kualitas super dan telah terbukti menghasilkan daging dgn warna merah darah dan tidak pucat.
katakanlah formula a dgn sub total beratnya 504kg

1 .tepung roti 100kg
2 .katul 45kg
3. wijen 40kg
4. bungkil kopra 30kg
5. garam 26kg
6. vitamin/mineral untuk pakan ruminansia (sbg contoh agromix) 4kg
7. tetes 6kg
8. ampas kecap 10kg
9. ampas gula kelapa 16kg
10. cairan fermentasi 2kg {bisa em4, Sbp, atau yang lainya}

diatas merupakn bahan bahan yang sudah halus dan tidak perlu digiling, langkah selanjutnya adalah.

Siapkan bumbu, yang dimaksud bumbu disini adalah bahan seperti ampas kecap, tetes, ampas gula, dan cairan fermentasi., yang telas disiapkan terlebih dahulu sebelum proses pembuatan.
Cara pembutan bumbu sebagi berikut.

1. Siapkan cairan fermentasi tersebut, dan campurkan dengan air dengan takaran cairan fermentasi 2 L air 20 L. Masukakkan ke dalamwadah dan tutup rapat-rapat.

2. kemudian siapkan wadah, masukkan ampas kecap, ampas gula, tetes, kemudian masukkan caira fermentasi tadi, udak udak dan kemudian tutup rapat-rapat.

Langkah selanjutnya adalah cara pembuatan, didalm pembuatanya sebenarnya hanya mencanpur kesemua bahan diatas menjadi satu.
Yang harus diperhatikan adalah ketika bahan-bahan tersebut sudah dicampur dengan rata, jauhkan dari sinar matahari dan angin. mikro organisme {mikroba} yang ada pada cairan tersebut tidak mati, sehingga kosentrat yang akan kita buat hasilnya bisa bagus.

Taruhlah pada karung yang sudah dikasih plastik supaya udara tidak masuk, karena kalau udara masuk pakan yang kita buat tadi bisa menjamur. Cukup sekian penjelasan singkat tentang tata cara dalam pembuatan kosentrat, formula pakan tersebut adalah formula yang berkualitas bagus.



No comments:

Post a Comment