Wednesday 11 May 2016

1 cara beternak bebek pedaging yang benar

Didalam berbisnis atau usaha ataupun beternak sekalipun, keberhasilan sangat ditentukan oleh pemahaman dasar yang anda kuasai, perencanaan awal yang anda siapkan dan ketelatenan yang anda jalankan. Tidak peduli usaha apapun, apapun itu yang kita upayakan Insya Alloh jika dijalani dengan fokus dan bersungguh-sungguh pasti akan menuai kesuksesan. sekalipun itu hanya berjualan barang bekas^-^.


Berbicara masalah usaha salah satunya adalah usaha beternak yang menjadi hobi saya sejak kecil, dan salah satu usaha beternak tersebut adalah beternak bebek pedaging. Meskipun saya pribadi belum pernah mencoba beternak bebek pedaging namun sedikit ilmu dasar pernah saya pelajari ketika bersekolah di jurusan peternakan.

Ok langsung saja, didalam beternak bebek ada 3 pilihan yang bisa anda pilih, beternak bebek petelur, beternak bebek pedaging, atau beternak pembesaran bebek. Apapun pilihan beternak bebek yang akan anda pilih untuk anda jalankan tentunya yang harus bisa mendatangkan keuntungan sesuai dengan kemampuan anda, karena ke tiga pilihan beternak bebek tersebut mempunyai penaganan sesuai dengan kemampuan masing-masing peternak.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit informasi sederhana mengenai cara beternak bebek pedaging supaya mendapatkan keuntungan sesuai yang anda harapkan, sehingga usaha beternak bebek tersebut akan terus anda jalankan untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga anda^_^.

Cara beternak bebek pedaging yang benar


Apa yang harus dipersiapkan sebelum terjun untuk beternak bebek pedaging?? Ketika anda memutuskan untuk memilih beternak bebek pedaging pasti banyak faktor yang perlu anda rencanakan ataupun ketahui, karena bebek pedaging akan berbeda perawatan maupun persiapan dibandingan dengan bebek petelur. Berikut ini persiapan awal yang harus anda ketahui sebelum beternak bebek pedaging adalah sebagai berikut

A. Punya tempat untuk memasarkan

Pasar adalah faktor penting didalam dunia peternakan, entah itu mengetahui harga pasar ataupun mempunyai tempat untuk memasarkan hasil dari usaha ternak yang kita jalani. Sebelum usaha beternak anda jalankan dan khususnya bebek pedaging, pikirkanlah terlebih dahulu dimanakah hasil daging bebek nanti akan anda jual.

Jika anda hanya memelihara 4-5 ekor saja tidaklah begitu masalah saat menjualnya nanti, akan tetapi jika jumlah bebek pedaging yang anda pelihara jumlahnya ratusan maka itu akan menjadi masalah bagi anda. Tidak mungkin para pedagang/blantik yang sering berjualan dipasar mau membeli bebek dengan jumlah ratusan tersebut dalam sekali beli. Oleh karena itulah sebelum memulai usaha beternak bebek pedaging carilah terlebih dahulu tempat/agen yang mau membeli disaat panen nanti.

B. Persiapan pemilihan bibit bebek pedaging, DOD / day old duck / meri umur 1 hari

Persiapan pada point B inilah yang menjadi kata kunci bagi peternak bebek pedaging pemula, pasalnya tidak semua bebek memiliki kemampuan perkembangan tubuh yang cepat. Sering kali dijumpai kesalahpahaman mengenai jenis bebek yang dipelihara, padahal tujuan mereka beternak bebek pedaging namun yang mereka pelihara jenis dari bebek petelur, maka tidak mengherankan bebek pedaging yang mereka pelihara memerlukan waktu yang lama sampai tiba waktu panen.

Dalam hal pemilihan bibit bebek pedaging sebenarnya sah-sah saja kita memilih bebek apapun, hanya saja setiap jenis bebek mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing maka dari itulah sedikit pemahaman mengenai jenis bebek apakah yang baik untuk usaha penggemukan/bebek pedaging harus kita ketahui supaya keuntungan yang kita dapatkan semakin besar. Jenis bebek yang baik untuk usaha beternak bebek pedaging adalah sebagai berikut:


- BEBEK PEKING


cara beternak bebek pedaging

Bebek peking merupakan jenis bebek yang sering kali dibudidayakan untuk diambil dagingnya, bebek peking sendiri menjadi populer setelah didatangkan ke Amerika dari negara Cina pada tahun 1870. Setelah itu merambat ke negara-negara Eropa, ke Australia, dan sekarang pun sudah sampai ke Indonesia dan banyak dikenal oleh masyarakat.

Ciri-ciri bebek peking

1. Bulunya seluruh badan berwarna putih seperti entok dan bulu dileher agak panjang seperti bulu suri
2. Kepala besar, bundar, kening tinggi dan ada bulu seperti jambul
3. Paruh lebar relatif pendek, tebal dan warnanya oranye cerah dengan ujung agak putih
4. Mata tampak liar, siaga dan warnanya kebiruan
5. Leher agak panjang sedikit besar dan besar dada terlihat besar, jika berdiri tegak dada terlihat membusung
6. Sayap pendek, kuat dan tertutup di atas punggung namun tidak bersilang satu sama lain
7. Punggung lebih panjang 60% dari leher dan rata. Penampilannya tampak agak pendek karena bagian ekor terangkat ke atas
8. Ekor terlihat pendek dan hampir berdiri, bulu ekor lembut seperti kapas
9. Kakinya pendek, besar dan kuat serta berwarna kuning dan kukunya berwarna putih

Itulah 9 ciri bebek peking, bebek yang sering kali diternakkan untuk diambil dagingnya {untuk lebih jelasnya bisa dilihat seperti gambar diatas}. Kenapa para peternak bebek pedaging sering kali memeilih bebek jenis ini untuk dibudidayakan?? Karena bebek peking mempunyai beberapa keunggulan dibanding bebek lainya, keunggulan/kelbihan bebek peking adalah sebagai berikut:

Kelebihan/keunggulan bebek peking

1. Bebek peking lebih tahan terhadap segala cuaca
2. Tidak begitu membutuhkan air dalam hidupnya, air hanya dibutuhkan untuk minum
3. Bebek peking tergolong bebek yang jinak serta pertumbuhanya relatif cepat
4. Pemeliharaan secara intensif selama 1 - 1,5 bobotnya bisa mencapai dikisaran 1,5 - 1,8 kg
5. Bisa dipanen/dipotong dalam waktu yang cepat dikisaran 45 hari
5. Badan lebih kompak dibandingkan dengan itik pedaging lain
6. Warna kulit dan daging kuning dan terlihat bersih karena warna bulunya putih
7. Tekstur daging halus hampir sama dengan ayam pedaging karena masa panenya saat masih muda

- BEBEK HIBRIDA

cara beternak bebek pedaging


Bebek hibrida juga tidak kalah jauh dengan bebek peking, bebek hibrida merupakan persilangan antara mentok betina dan bebek peking jantan. Pertumbuhan bebek jenis hibrida juga tidak kalah dengan pertumbuhan bebek peking, oleh karena itu selain bebek peking, jenis bebek hibrida juga sering kali dibudidayakan oleh para peternak bebek pedaging.

ciri bebek hibrida


1. Warna bulu badan bebek hibrida cokelat kehitam-hitaman dengan kombinasi warna putih pada bagian bawah dada dan perut
2. Pada bagian leher terdapat bintik-bintik putih memanjang dari bawah mulut sampai bawah perut.
3. Kepala besar dan leher agak sedikit panjang, dengan paruh berwarna hitam {kadang juga ditemuai paruh dengan warna kuning seperti entok karena hasil persilangan yang tidak 100% bisa seragam}
4. Pada bagian kepala terdapat garis putih, tepatnya di atas mata menyerupai alis, dan ada garis hitam pas ditengah-tengah mata
5. Pada bagian sayap terdapat beberapa lembar bulu suri yang mengkilap dengan warna biru kehitaman
6. Sayap sedikit lebih panjang dibandingkan bebek peking, dan ujung sayap sedikit saling menyilang satu sama lain
7. Kakinya sedikit lebih kecil dan panjang
8. Kaki dan kukunya berwarna kuning, namun kadang juga ditemui dengan warna hitam karena hasil persilangan yang tidak 100% bisa seragam

Ciri-ciri bebek hibrida sangat berbeda dengan ciri bebek peking, akan tetapi kelebihan bebek hibrida tidak begitu berbeda dari bebek peking, untuk lebih jelasnya berikut adalah kelebihan bebek hibrida:

Kelebihan bebek hibrida

1. Daya tahan tubuhnya bagus terhadap pergantian cuaca maupun penyakit
2. Tingkat FCR tinggi. FCR atau Food Convertion Rate adalah kemampuan ternak dalam menyerap nutrisi yang diberikan untuk pertumbuhan. Semakin tinggi tingkat FCR menunjukkan semakin bagus kemampuan ternak dalam menyerap nutrisi yang diberikan
3. Bisa dipanen dalam waktu yang relatif cepat 40 - 50 hari
4. Pertumbuhan daging yang cepat, dengan perawatan insentif dapat mencapai bobot dikisaran 1 – 1.5 kg hanya dalam waktu 30 - 40 hari.
5. Rasa dagingnya gurih sperti ayam kampung, dagingnya juga lembut dan rendah kolestrol

C. Persipan kandang bebek pedaging

Yang kita bahas disini adalah bebek pedaging, berbeda dengan bebek petelur. Didalam pemeliharaan bebek pedaging harus kita lakukan secara insentif supaya bebek tersebut tidak kebanyakan bergerak supaya nurisi pakan yang dimakan bisa terserap mejadi daging semua.

Jenis kandang yang sering dipakai untuk beternak bebek pedaging adalah kandang umbaran, namun ketika bebek masih kecil/DOD kandang tersebut harus disekat-sekat terlebih dahulu dengan ukuran 2x2 meter persegi untuk 90 ekor DOD. Ukuran 2x2 meter persegi ini dipakai sampai bebek berumur 0-14 hari {atau bisa juga dibuatkan kandang sendiri dengan ukuran seperti diatas, kebanyakan peternak menyebutnya dengan istilah kandang box}.

Setelah bebek berumur 15 hari - panen ukuran kandang idealnya adalah 1 meter persegi untuk  5 - 6 ekor bebek pedaging. Yang perlu diperhatikan dalam persiapan kandang disini adalah alas kandang tersebut harus selalu kering, maka dari itu alas kandang sebaiknya diberi sekam atau serbuk gergaji yang bertujuan untuk menyerap air disaat bebek tersebut minum dan sebagai penghangat.

Selain sekam tersebut, penghangat lain juga harus kita siapkan dengan menambah bolam lampu, cukup tidaknya pemberian bolam lampu tersebut dapat kita perhatikan ketika dimalam hari, apabila anak bebek/DOD saling menumpuk maka dapat dipastikan DOD masih kedinginan, namun apabila DOD tersebut tidurnya saling menyebar berarti penghangat yang kita berikan sudah cukup. Penempatan bolam lampu sebaiknya dibagi, maksutnya lebih baik memberikan bolam lampu 25 watt sebanyak 2 buah dari pada 50 watt hanya 1 buah, tujuanya supaya kehangatan kandang tersebut bisa merata.

Penempatan tempat pakan dan minum usahakan supaya alas kandang selalu terjaga kebersihan maupun kelembabanya, jadi yang harus kita lakukan adalah menempatkan tempat air minum dengan cara digantung/ditempatkan lebih tinggi agar tidak dipakai untuk mandi bebek-bebek tersebut. Selain itu tempatkanlah nampan atau wadah dibawah tempat air minum tersebut, hal ini bertujuan jika bebek-bebek tersebut minum maka tumpahan airnya tidak lansung ke alas sekam dan tertampung di nampan tersebut. Karena jika air jatuh ke sekam/alas kandang bisa menyebabkan jamur, bibit penyakit dan bau yang menyengat.

Untuk penempatan tempat pakan jauhkanlah dari tempat minum, hal ini bertujuan supaya pakan bebek tersebut kering atau tidak tercampur dengan air percikan ketika bebek minum. Pakan yang basah salah satu penyebab timbulnya jamur maupun bibit penyakit yang dapat menyebabkan bebek-bebek tersebut mati.

Cara pemeliharaan didalam beternak bebek pedaging


Setelah kesemua persiapan diatas kita siapkan maka wktunya untuk memulai proses/langkah-langkah pemeliharaan bebek pedaging. Cara pemeliharaanya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama: sebelum DOD datang kandang 3 hari sebelumnya kandang harus disanitasi terlebih dahulu dengan cara menyemprotkan cairan desinfektan keseluruh bagian kandang. {cairan desinfektan tersebut bisa kita beli ditoko pakan ternak/toko peternakan}.

Langkah kedua: ketika DOD datang, turunkan dan taruh dikandang DOD/kandang box yang sudah kita siapkan. jangan diberi makan dan minum dahulu sekitar 15 – 30 menit supaya merekan beradaptasi terlebih dahulu· Setelah waktu berselang sekitar 30 menit baru diberi air minum gula aren atau gula jawa, kenapa harus gula jawa?? karena air gula jawa bermanfaat untuk mengembalikan energi yang hilang disaat perjalanan. Disaat memberikan air minum gula jawa/aren tersebut jangan langsung diberi pakan, biarkan skitar 15 - 30 menit supaya semua DOD sudah meminum air gula jawa tersebut. Setelah itu barulah diberi pakan BR 511 yang bisa kita beli di toko pakan.

Langkah ketiga: Pemberian pakan bebek pedaging diumur 0 - 14 hari adalah BR full, pemberian pakan harus dalam keadaan kering agar tidak mudah basi· Dan yang perlu diingat, pada masa starter/umur 0 - 14 hari selalu siapkanlah pakan dan minum "jangan sampai kehabisan pakan dan minumnya". Selain itu kita juga harus memberikanya vitamin setiap hari, vitamin yang sering dipakai oleh para peternak adalah merk vitachick, pemberian vitamin {vitachick} dapat kita campurkan dengan air minumnya.

Selain vitamin kita juga harus memberikanya antibiotik, antibiotik yang sering diberikan oleh para peternak bebek pedaging adalah Trimezyn atau tetra_chlor, pemberian antibiotik ini sebaiknya diberikan 3 hari pertama berturut-turut setelah DOD datang, misalnya disiang hari kita memberikanya vitamin yaang telah dijelaskan diatas, maka dimalam harinya dapat kita berikan antibiotik yang dicampurkan pada air minum. Yang harus diperhatikan, sebelum memberikan antibiotik tersebut tempat air minum harus kita cuci terlebih dahulu. Selanjutnya dipagi hari dapat kita ganti dengan vitamin, malam harinya kita ganti dengan antibiotik "selama 3 hari, setelah 3 hari berikanlah vitamin saja}.

Langkah keempat:  Ketika bebek masuk di umur 10 hari mulailah perkenalkan dengan dedak yang dicampurkan dengan BR 511 yang biasa kita berikan, campurkanlah sedikit-sedikit saja dan tiap hari ditingkatkan supaya terbiasa. Setelah bebek masuk diumur 20 hari mulailah mengganti dengan BR 144 dan berikan pakan berupa: nasi aking, dedak, dan jagung giling dengan perbandingan BR 144 20kg, dedak/bekatul 40kg, jagung giling 20kg, dan nasi aking 20kg.

Langkah kelima: Pemberian pakan dapat kita lakukan 4 kali selama 24 jam dengan waktu pemberian pagi jam 08:00, siang jam 13:00, sore jam 17:00 dan malam jam 22:00. Sedangkan untuk air minumnya jangan sampai kehabisan, jadi setiap pemberian pakan tersebut selalu cek/lihatlah air minumnya. Dan usahakan pakan yang kita berikan juga selalu ada, maksutnya banyaknya pakan yang diberikan usahakan selalu cukup sampai waktu pemberian pakan selanjutnya.

Langkah keenam: Kebersihan kandang harus selalu kita jaga dengan memberikan sekam pada alas kandang bebek tersebut, agar kandang tidak becek berikanlah batu-batu pada tempat air minumnya, hal ini bertujuan supaya ketika bebek minum paruh bebek tersebut tidak semuanya ikut minum, dan biar tidak bisa dipakai untuk mandi. Jika sekam terlihat basah maka segeralah menggantinya, tidak ada batas waktu pergantian sekam yang dianjurkan, sekam harus diganti ketika terlihat basah, meskipun baru 2 hari namun sudah terlihat basah maka segeralah menggantinya.

Langkah keenam: Pemberian bolam penghangat, bolam penghangat juga harus kita berikan meskipun bebek-bebek tersebut sudah dewasa. Jangan memberikan penghangat hanya pada satu titik saja, namun berikanlah bolam penhangat dibeberapa titik/menyebar, seperti yang telah dijelaskan diatas.

Langkah ketujuh: Setelah bebek dewasa dan masuk di umur kurang lebih 30-50 hari maka sudah bisa kita panen, biasanya ketika masuk umur 30-50 hari jenis bebek pedaging peking/hibrida bobot badanya dikisaran 1,5kg.

Sedikit informasi tambahan, kebersihan tempat bebek pedaging yang kita pelihara bisa dilakukan setiap hari, namun itu semua tergantung dari sistem pemeliharan para peternak, karena ada peternak yang selama DOD datang sampai masa panen tiba tidak memberishkan tempat tidur bebek-bebek tersebut, karena tempat tidur dan tempat bermain mereka pisahkan {karena tempat tidur alasnya berupa sekam}. Ada juga peternak yang setiap hari selalu membersihkan alas kandangnya, mereka tidak memberikan sekam sama sekali, jadi setiap hari mereka membersihkanya kalau basah barulah dikasih sekam.

Itulah sedikit informasi mengenai cara beternak bebek petelur yang mudah-mudahan bisa bermanfaat, cara-cara pemeliharaan bebek petelur secara insentif sebenanya tidak begitu berbeda dengan cara pemeliharaan ayam pedaging.

No comments:

Post a Comment