Saturday 28 May 2016

Manfaat mentimun untuk pakan kenari


manfaat mentimun

Burung kenari merupakan burung dari jenis burung pipit {pemakan bijian}, meskipun burung kenari pakan utamnya adalah bijian namun burung tersebut juga sangat membutuhkan sayur dan buah untuk mencukupi asupan nutrisi yang tidak bisa didapat dari pakn bijian. Banyak pakan tambahan baik sayur maupun buah yang sering kali diberikan untuk kenari, salah satu pakan tambahan tersebut adalah mentimun

Mentimun merupakan jenis sayuran dari suku labu-labuan dengan ciri khas pohonya merambat dan dengan buah yang berbentuk bulat dan memanjang. Banyak manfaat yang bisa dihasilkan dari buah yang satu ini, baik bermanfaat untuk kesehatan maupun bermanfaat untuk pakan kenari. Kandungan terbanyak dari buah/sayur mentimun adalah air yang mencapai 95%, selain air masih banyak kandungan yang terdapat dari mentimun.

Kandungan sayur mentimun

 


manfaat mentimun


Menurut USDA National Database Gizi menerangkan bahwa sekitar 119 gram mentimun mengandung : 115 gram air, 16 kalori, 0,8 gram protein, 0,2 gram lemak, 2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula, vitamin K, vitamin C, magnesium, kalium, mangan, vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

Inilah manfaat mentimun untuk pakan kenari


Meskipun sebagian besar kandungan yang terdapat pada sayur/buah mentimun adalah air, tapi masih banyak manfaat yang bisa dihasilkan untuk pakan burung kenari. Dan berikut ini 4 manfaat mentimun untuk pakan burung kenari:

1. Menurunkan berat badan kenari {kegemukan}
Apa yang akan terjadi apabila kenari yang kita pelihara mengalami kegemukkan/obesitas?? Ya dapat dipastikan burung kenari yang kita pelihara tersebut akan malas untuk berkicau dan mudah terserang penyakit. Untuk itulah perlu anda ketahui bahwa salah satu manfaat mentimun untuk pakan kenari adalah menurunkan berat badan/obesitas pada kenari.

2. Menurunkan birahi pada kenari {over birahi}

Manfaat buah/sayur mentimun yang kedua adalah menurunkan biarahi pada burung kenari. Apa yang akan terjadi apabila kenari mengalami over birahi? Yang terjadi tentunya sesuatu yang tidak menuntungkan bagi peternaknya, seperti kenari tersebut menjadi lebih galak atau agresif, berkicau secara berlebihan, terkadang juga menabrak-nabrak sangkar jika melihat lawan jenisnya. Jika terjadi seperti itu maka berikanlah mentimun secara teratur sampai over birahi tersebut sudah tidak terlihat lagi.

3. Untuk melancarkan sistem pencernaan

Mentimun mempunyai kandungan air dan serat yang berlimpah dan sangat diperlukan untuk melancarkan saluran pencernaan pada burung kenari. Manfaat lain dari mentimun adalah sebagai pakan pencahar, pakan pencahar sendiri berfungsi untuk mengatasi sembelit dan dapat membuat kotoran bergerak keluar dengan lancar. Namun pmebrianya juga harus kita perhatikan dan tidak boleh berlebihan, karena pakan utama burung kenari adalah bijian.

4. Sebagai pakan alternatif

Maksut dari pakan alternatif disini adalah pakan yang diberikan untuk mengganti pakan utama apabila kondisinya mendesak, misalnya ketika disaat perjalanan. Tidak mungkin kan kita memberinya bijian dan air minum disaat perjalanan, untuk itulah mentimun bisa dijadikan pengganti pakan utama karena mengandung air dan daging buah yang cukup dan mempunyai kandungan nutrisi yang diperlukan sehingga terhindar dari dehidrasi.

Pemberian pakan pakan mentimun dapat kita lakukan dengan cara mengupas kulitnya/bisa langsung dipotong menjadi 2 bagian lalu menggantingnya pada sagkar dengan menggunakan pengait buah. Itulah 4 manfaat mentimun untuk pakan burung kenari..

No comments:

Post a Comment