Monday 2 May 2016

Inilah pakan bebek petelur supaya selalu bertelur

pakan bebek petelur | Telur dan daging bebek adalah jenis makanan/lauk yang sampai saat ini masih menjadi primadona banyak orang, ada berbagai alasan kenapa masyarakat diIndonesia banyak yang memilih telur maupun daging bebek tersebut. Banyak diantaranya lebih memilih telur maupun daging dikarenakan gizi maupun rasanya lebih enak jika dibandingkan dengan telur maupun daging ayam.


Apakah benar seperti itu??

Ya memang benar seperti itu, menurut Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI (2003) bahwa telur bebek mengandung kuning telur lebih banyak 7 % dibandingkan dengan telur ayam. Kandungan kuning telur bebek mempunyai kadar lemak 35 % lebih besar dibandingkan dengan kadar lemak kuning telur ayam yang hanya 31,9%. Telur bebek mempunyai banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satu kandungan gizi yang tinggi adalah proteinnya 12,81 %, lebih tinggi juga dibandingkan dengan kandungan protein telur ayam yang hanya 12,14 %.

Memang benar kandungan gizinya lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam, lantas apakah rasanya memang benar enak telur/daging bebek?? Untuk penilaian rasa tidak bisa kita tentukanan jika belum ada penilaian dari banyak orang, akan tetapi kebnyakan masyrakat diIndonesia lebih memilih telur/daging bebek dibandingkan dengan telur/daging ayam.

Kembali pada topik pembahasan mengenai apa saja pakan bebek petelur supaya selalu bertelur?? Berbicara masalah agar bebek petelur selalu bisa bertelur pasti erat kaitanya denga asupan nutrisi pada pakan yang diberikan oleh peternaknya. Apabila bebek yang kita pelihara hanya kita berikan pakan saja supaya kenyang tanpa kita tahu kandungan gizi dari pakan yang kita berikan tersebut belum tentu bebek yang kita pelihara akan selalu bisa bertelur, atau bahkan hanya seminggu sekali bertelur.

Oleh karena itu kandungan nutrisi pada pakan bebek yang kita berikan harus kita perhatikan, untuk pakan bebek petelur supaya bisa selalu bertelur kandungan nutrisi pakan tersebut yang harus kita perhatikan adalah protein. Kandungan protein pada pakan akan mempercepat bebek untuk bertelur, semakin tinggi tingkat protein atau energi dalam pakan, maka semakin tinggi pula produksi telur yang dihasilkan.

Apa saja pakan bebek petelur yang banyak mengandung protein?


Pakan bebek yang mengandung protein bisa kita dapatkan pada pakan/kosentrat yang sudah banyak dijual dalam bentuk pelet hasil dari produksi perusahaan terkenal seperti CPI, Japfa, GC dan lain sebagainya. Akan tetapi seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya mengenai cara beternak bebek petelur agar selalu bisa bertelur bahwa didalam beternak kita juga harus bisa mengontrol pengeluaran biaya produksi agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, jangan karena kita bisa membeli pakan/kosentrat dengan harga yang mahal, yang praktis dan yang tidak ribet tersebut, namun kita juga harus memikirkan tujuan dari beternak bebek itu bukan hanya sekedar hobi.

Oleh karena itu ada pakan alternatif lain yang bisa kita dapatkan dari alam bebas maupun dari limbah pbrik dengan kandungan protein yang tidak kalah dengan pakan bebek buatan pabrik terkenal tersebut, Apa saja pakan tersebut? Silahkan simak pembahsanya berikut

Pakan bebek petelur alami yang mudah didapat


1. Amisan

Apa maksut dari pakan amisan itu?? Mungkin sebagian orang belum begitu paham mengenai pakan amisan, apalagi bagi seorang peternak pemula. Ya pakan amisan itu adalah pakan yang bersumber dari hewan lain yag bisa menjadi makananya hewan tersebut. Untuk pakan bebek petelur, pakan amisan sumber protein tinggi antara lain

 - keong

pakan bebek petelur


Seperti yang dikutip dari wikipedia.org  bahwa keong mengandung protein 12% , kalsium 217 mg, rendah kolesterol, 81 gram air dalam 100 gram keong sawah, dan sisanya mengandung energi, protein, kalsium, karbohidrat, dan phosfor. Selain itu keong juga mengandung vitamin A, E, niacin dan folat.

Kesimpulanya, keong mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi untuk kebutuhan bebek petelur, tidak hanya itu keong juga mengandung sumber/zat gizi lain seperti vitamin dan mineral yang dapat membantu meghasilkan energi. Maka tidak mengherankan banyak para peternak bebek sukses yang memanfaatkan keong sebagi sumber protein pengganti pakan kosentrat pabrik.

 -  Ikan rucah


pakan bebek petelur

Ikan rucah juga salah satu pakan alternatif alami yang bisa kita dapatkan dengan harga yang sangat murah, akan tetapi karena keberadaanya yang sulit kecuali didaeran dekat laut maka jarang para peternak memanfaatkan ikan rucah tersebut. Ikan rucah adalah ikan yang tidak layak konsumsi, ikan ikan tersebut hasil dari tagkapan nelayan bisa juga hasil dari penyortiran yang tidak layak dijual dan akhirya mereka jual dengan harga yang sangat murah.

Ikan rucah tersebut bisa kita manfaatkan sebagai pakan alternatif sumber protein untuk bebek petelur supaya produksi telur yang dihasilkan bisa maksimal. Pemberian pakan tersebut pun harus setiap hari, karena dalam sehari bebek membutuhkan asupan protein 16 - 20%.

 - Limbah pemotongan ayam

Limbah pemotongan ayam juga bisa menjadi pakan alternatif sumber protein bebek petelur, limbah pemotongan ayam bisa berupa kulit ayam, usus dan lain sebagainya yang sengaja dibuang dari tempat pemotongan ayam. Dan yang jelas, sebelum memberikan pada bebek yang kita pelihara, harus dicuci terlebih dahulu.

 - Dan hewan kecil lain yang bermanfaat

Selain ketiga pakan amisan diatas sebenarnya masih ada banyak pakan alternatif sumber protein alami yang bisa kita dapatkan dialam liar, pakan lain tersebut antara lain: kodok, cacing, kepiting dan hewan kecil lain jika dimakan tidak membahayakan bebek tersebut maka bisa kita berikan.

2. Kacang kacangan

Ada sumber protein hewani, ada pula sumber protein nabati, Ya sumber protein nabati bisa kita adapatkan pada kacang-kacangan.

 - Bungkil kedelai

agar bebek terus bertelur


Bungkil kedelai adalah kedelai yang tidak layak dijual, entah itu karena pecah ataupun karena remuk sehingga tidak layak dijual dan kalaupun dijual pasti dengan harga yang sangat murah. Meskipun disebut dengan bungkil kedelai namun kandungan gizi yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan keelai yang masih layak jual. Maka dari itu kita bisa memanfaatkan bungkil kedelai tersebut.

 - Jagung

supaya bebek terus bertelur


Jika keberadaan pakan amisan seperti yang telah dijelaslkan diatas sulit dicari maka kita bisa memanfaatkan jagung sebagai pakan penggantinya. 100 gram jagung mengandung 355 Kalori, Protein : 9,2 gram, Lemak : 3,9 gr, Karbohidrat : 73,7 gr, Kalsium : 10 mg, Fosfor : 256 mg, Besi : 2,4 mg, Vitamin A : 510 SI, Vitamin B1 : 0,38 mg, dan Air : 12 gr.

Namun harus kita ketahui meskipun jagung bisa menggantikan peran pakan amisan, namun tidak sepenuhnya bisa mengantikan perananya. Karena dalam sehari 1 ekor bebek petelur membutuhkan 16-20 gram asupan protein, sedangkan jagung hanya memiliki 9,2 gram kandungan protein. Oleh karena itu kita juga harus memberikan sedikit pakan sumber protein yang lain.

Banyak sekali pakan alternatif untuk pengganti kosentarat pakan bebek petelur yang bisa kita dapatkan dialam ataupun membeli dengan harga yang murah. Pakan sumber protein memang sangat dibutuhkan oleh bebek petelur setiap harinya agar lancar dalam bertelur. Akan tetapi kebutuhan zat gizi lain seperti karbohidrat, vitamin, kalsium dan kebutuhan gizi yang lainya juga harus kita berikan.

Kebutuhan karbohidratnya bisa kita dapatkan pada bekatul atau nasi aking, sedangkan kebutuhan vitamin bisa kita berikan sayur hasil dari sampah dapur atau bisa kita carikan juga diarea persawahan. Pakan bebek petelur yang baik adalah pakan yang mengandung banyak protein yang bisa kita dapatkan dari pakan alternatif dengan harga yang murah atau bisa mencarinya tanpa harus membeli dengan harga yang sangat mahal. Karena tujuan dari semua peternak adalah mencari keuntungan dengan cara meminimalisir biaya pengeluaran..


 kunungi juga
toko herbal minyak lintah papua

1 comment:

  1. Thanks gan infonya...mampir juga ya gan Ternak Bebek ijin share gan...mantap..lanjutkan

    ReplyDelete